fbpx

4 Manfaat Penggunaan Videotron Untuk Edukasi Anak

Penggunaan Videotron Untuk Edukasi

Penggunaan videotron untuk edukasi dianggap memberikan berbagai manfaat untuk anak. Apalagi di tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat yang membuat anak-anak mudah terpapar dengan gadget seperti laptop maupun smartphone. Untuk itu para guru disarankan memanfaatkan videotron sebagai media yang memudahkan peserta didiknya memahami materi pelajaran.

Jika diaplikasikan dengan tepat, videotron yang dipakai sebagai media edukasi akan memberikan berbagai manfaat seperti:

1. Media pembelajaran efektif

Seperti yang disinggung, videotron dapat difungsikan sebagai media pembelajaran efektif, baik secara formal maupun non formal. Guru bisa menayangkan video yang berhubungan dengan mata pelajaran sambil menerangkan materi. 

Di sisi lain, guru perlu memperhatikan screen time untuk mencegah kerusakan mata. Sebaiknya gunakan videotron untuk materi yang sulit dipelajari atau cenderung membosankan saat disampaikan lewat teks. Mata anak juga akan mendapatkan jeda yang dibutuhkan.

2. Mengembangkan imajinasi 

Visualisasi menarik yang ditayangkan lewat videotron secara tak langsung akan merangsang perkembangan imajinasi anak. Pasalnya, video memudahkan mereka mengenali suara atau bunyi, bentuk, warna, dan objek dibandingkan lewat buku, termasuk yang bergambar.

Untuk memaksimalkan pembelajaran, guru dapat memulainya dari video-video simpel untuk membiasakan anak menyerap informasi. Kemudian tingkat level kesulitannya untuk melatih aspek audio visual mereka terhadap materi pelajaran maupun lingkungan sekitar.

3. Melatih anak mengingat materi

Manfaat selanjutnya yang didapatkan dari penggunaan videotron untuk edukasi adalah melatih ingatan anak. dalam hal ini, video-video edukatif yang ditayangkan guru mempercepat anak didiknya mengidentifikasi sesuatu secara bertahap sampai benar-benar mengenalnya di luar sekolah. 

Visual yang menarik dari gambar, warna, maupun bentuk turut mempengaruhi kecepatan anak mengingat materi dalam video. Maka dari itu, guru harus memperhatikan baik-baik video yang akan ditampilkan lewat videotron untuk mencapai tujuan tersebut.

4. Meningkatkan skill kognitif dan motorik

Tak hanya membantu guru menyampaikan mata pelajaran, videotron rupanya bisa meningkatkan kemampuan kognitif dan motorik mereka. Caranya, Anda bisa tayangkan video-vodeo menyanyi dan menari yang digabungkan dengan materi huruf dan angka. 

Selain membuat kegiatan belajar mengajar lebih seru, anak akan mudah menyerap materi-materi yang lebih kompleks. Selain itu, tubuh mereka akan lebih sehat karena aktif bergerak. Hal ini tentunya membuat mereka tak menjadi penonton pasif yang membahayakan kesehatan mata.

Tertarik mengandalkan videotron untuk menunjang pembelajaran di sekolah? Anda bisa mencari videotron business yang menyediakan pemasangan profesional. Penyedia perlengkapan yang punya pengalaman pastinya tahu videotron seperti apa yang sesuai kebutuhan, dalam hal ini yang tak akan membahayakan guru maupun anak.

Jaga juga keamanan anak selama Anda memanfaatkan penggunaan videotron untuk edukasi. Berikan tanda atau pemberitahuan yang akan menjaga mereka dari berbagai risiko.

Solusi Evoview Video Wall: Tampilan Visual Besar untuk Bisnis

Transformasi Digital dengan Interactive Flat Panel Display, Tingkatkan Kolaborasi dan Produktivitas

Interactive Flat Panel Display Evoview: Solusi Canggih untuk Meeting dan Edukasi

interactive flat panel

Interactive Flat Panel Display Terbaik dari Evoview | Solusi Lengkap

videotron p3,p4,p5

Cek Spesifikasi Videotron P3, P5, Hingga P10 Sesuai Model Sebelum Pasang!

harga videotron 2 x 3

Harga Videotron 2 x 3 Meter, Pilihan Ukuran Populer di Indonesia